Cara Kerja Sistem Motor Injeksi Dan Komponennya

Seputarotomotif.net | Cara Kerja Sistem Motor Injeksi dan komponennya - Teknologi Pada saat ini cepat berkembang Apa lagi dengan kendaraan jaman sekarang yang semakin hari terus bertambah. Oleh karena itu kita selaku pecinta otomotif dan modifikasi harus lebih mengenal luar dalamnya mesin. Agar kemana mana mengendarai sepeda motor tidak mengalami kendala diperjalanan. Untuk Sistem Motor sendiri ada 2 yaitu dengan sistem Motor Manual atau Kabulator dan Sistem Motor Injeksi. Apa itu Sistem Injeksi ...? Injeksi, merupakan suatu metode pencampuran bahan bakar dengan udara pada kendaraan bermotor untuk menghasilkan pembakaran yang sempurna. Injeksi membutuhkan perangkat bernama injector, yang bertugas me-nyuplai campuran bahan bakar dengan udara. Sistem injeksi merupakan teknologi penerus sistem karburator pada kendaraan bermotor.

Sistem Motor injeksi Ini merupakan inovasi terbaru pada pengkabutan sepeda motor yang baru dikenal pada awal tahun 2000an. Sistem injeksi ini adalah hasil dari pengembangan teknik bahan bakar yang masih menggunakan kabulator, teknologi ,manual kabulator dinilai banyak melakukan pembakaran bahan yang sia sia dan tidak efesien dan para ahli pun mengembangkan motor beralih menggunakan sistem komputerisasi.

Cara Kerja Sistem Motor Injeksi

Motor injeksi Apabila pada sistem karburator, kendaraan membutuhkan penyetelan yang tepat agar bisa mendapatkan campuran bahan bakar dan udara atau AFR (Air–fuel ratio)yang optimal, sistem injeksi sudah terprogram secara komputer untuk mendapatkan rasio AFR yang optimal.

AFR

Supaya bisa mendapatkan AFR yang optimal, injektor mengandalkan program komputer untuk mengontrol AFR nya. Perangkat elektronik yang bertugas untuk mengontrol kerja injektor ini bernama ECM atau Electronic Control Module.

Electronic Control Module

Electronic Control Module memiliki settingan dan kontrol yang sudah terstandar dari pabriknya. ECM ini dapat secara otomatis mengontrol besaran bahan bakar dan udara yang pas pada kondisi – kondisi cuaca tertentu. Pada motor injeksi terdapat sensor udara, sensor inilah yang nantinya membantu ECM dalam mengkalkulasi AFR yang tepat sesuai dengan kebutuhan mesin dan udara sekitar mesin. Kurang lebih seperti inilah gambaran mengenai sistem injeksi pada motor. Konsepnya sama seperti sistem karburator, karena injeksi merupakan penyempurnaan dari sistem karburator.

Selanjut Nya 

Keunggulan Dari Sistem Motor Injeksi ➥

Itulah beberapa Penjelasan Mengenai Sistem Motor Injeksi. Semoga informasi yang saya berikan ini bisa menjadi bahan referensi untuk anda, terutama bagi anda yang ingin melakukan modifikasi terhadap motor kesayangannya. jadi tenang saja dan sering-sering saja untuk berkunjung keblog ini. Oke, sekian dulu pertemuan kita pada kesempatan kali ini. Terima kasih, semoga bermanfaat dan ikuti terus Seputarotomotif.net

0 komentar